403 Forbidden


nginx

Apa & Bagaimana Tenaga Surya Menjadi Energi Alternatif Populer

Apa & Bagaimana Tenaga Surya Menjadi Energi Alternatif Populer. Kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan bagi masa depan umat manusia menjadi pemicu utama penggunaan energi alternatif sebagai cara terbaik untuk menggantikan sumber energi konvensional yang selama ini digunakan secara luas. Salah satu jenis sumber energi alternatif yang kini mulai banyak digunakan adalah tenaga matahari atau tenaga surya.

Capture

Dari 8 jenis energi alternatif yang sudah bisa digunakan saat ini seperti tenaga air, tenaga angin, energi gelombang laut, tenaga nuklir, gas alam, energi biomassa, panas bumi, dan tenaga surya; maka tenaga surya adalah jenis yang paling banyak digunakan. Popularitas tenaga surya kini makin marak seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat panel surya semakin efisien, ringan, dan murah. Lalu, apa sih sebenarnya tenaga surya itu? Bagaimana cara kerjanya sehingga cahaya matahari yang melimpah tersebut bisa menjadi sumber tenaga listrik?

Apa & Bagaimana Tenaga Surya Menjadi Energi Alternatif Populer

Anda mungkin belum memahami secara jelas apa yang dimaksud dengan tenaga surya atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan solar energy ini. Tak perlu minder mengenai hal ini sebab Anda tak sendiri, banyak orang yang hanya sekedar tahu bahwa tenaga matahari adalah energi yang berasal dari matahari. Titik, itu saja. Jawaban tersebut memang benar, namun tentu kurang lengkap. Tenaga surya adalah sumber energi yang memanfaatkan foton yang terdapat dalam radiasi matahari sehingga memungkinkan manusia untuk memproduksi energi listrik. Karena jumlah sinar matahari begitu melimpah, maka tenaga surya menjadi energi alternatif yang menjanjikan potensi tanpa batas sebagai pengganti energi konvensional seperti batubara dan minyak bumi.

Cara untuk mengubah tenaga surya menjadi energi listrik sebenarnya cukup sederhana, namun membutuhkan komponen khusus yang disebut sebagai photovoltaic (PV) cells atau dikenal luas sebagai panel surya. Panel surya terbuat dari material yang memanfaatkan efek photovoltaic yaitu efek yang terjadi ketika sinar matahari mengenai panel surya, maka foton yang dipancarkan oleh sinar matahari akan membuat elektron-elektron dalam panel surya mengalir dan menghasilkan listrik.

Solar panel bisa dipasang di berbagai tempat mulai dari lapangan luas hingga ke bangunan rumahan. Di lapangan yang luas, solar panel biasa dibangun dalam jumlah besar, untuk menghasilkan energi listrik yang cukup banyak untuk disimpan dan digunakan sesuai kebutuhan. Panel surya juga dapat dipasang di atap rumah dan energi listrik yang dihasilkan sangat mungkin untuk membantu mengurangi ketergantungan terhadap listrik dari PLN yang akan mengurangi tagihan listrik Anda. Pemanfaatan yang bisa digunakan secara langsung bagi kebutuhan rumah tangga ini pula yang menjadi salah satu penyebab popularitas tenaga surya sebagai energi alternatif selama ini.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply