403 Forbidden


nginx

Perkembangan Jaringan Dari 1G Sampai 4G LTE

Teknologi khususnya teknologi komunikasi merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya sangat cepat. Mulai dari teknologi Voip maupun teknologi satelit yang bisa digunakan sebagai komunikasi yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan kapan pun.

Berikut beberapa sejarah dan perkembangan jaringan dari 1G hingga ke 4G LTE :

1. Jaringan 1 G

Jaringan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1980 oleh perusahaan di Amerika dan mereka bekerja sama dengan TACS dan NMT di negara Eropa lalu mereka membuat sebuah jaringan yang dinamai dengan jaringan 1 G.

2. Jaringan 2 G

Jaringan 2 G ini merupakan perkembangan dari jaringan sebelumnya yaitu jaringan 1 G, jaringan ini ditemukan pada tahun 90an dan memiliki banyak kelebihan daripada jaringan 1 G. Sebagai contohnya yaitu suara yang lebih jernih dan jelas, keamanannya lebih terjaga dan juga memiliki kapasitas yang lebih besar dari jaringan yang sebelumnya. Dalam perkembangan jaringan ini, jaringan 2 G memiliki beberapa fitur yaitu CSD yang memiliki kecepatan sekitar 14.4KBPS.

3. Jaringan 2.5 G

Jaringan ini biasa disebut dengan GPRS atau General Packet Radio Service. Jaringan 2.5 G merupakan pengganti jaringan 2 G dan dianggap siap untuk menggantikan CSD yang dinilai sangat boros. Untuk kecepatan GPRS pada jaringan ini yaitu 100KBPS. Hal ini dianggap lebih hemat karena hitungannya sudah menjadi per kilobyte bukan per CSD lagi.

4. Jaringan 3 G

Jaringan ini berkembang pada sekitar tahun 2000 hingga 2003, jaringan ini biasa disebut dengan EDGE. Pada jaringan ini, memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat pada jaringan GPRS, yaitu sekitar 480KBPS.

5. Jaringan 3.5 G

Jaringan ini biasa disebut HSDPA, untuk kecepatannya sendiri sama dengan jaringan 3G 480KBPS namun dalam kenyataanya, jaringan ini lebih cepat daripada jaringan 3 G.

Dan yang terakhir adalah jaringan 4G LTE, yaitu sebuah sistem yang menyediakan solusi IP berintegrasi penuh, dan disebutkan bahwa kecepatan sinyal 4G LTE ini bahkan 100Mb/detik dan 1GB/detik baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Untuk penerapan 4G LTE sendiri di Indonesia yang pertama kali menggunakannya yaitu Sitra WiMAX, Sitra WiMAX merupakan operator pertama kali yang menggunakan layanan 4G LTE. Posisi kedua ditempati oleh Telkomsel, lalu Bolt super 4G LTE, dan disusul dengan brand-brand lainnya. Akankan di tahun ini atau ditahun depan akan dimunculkan jaringan 5 G ? Kita tunggu saja.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.